Penasaran Apa Sih Palang Pintu Dalam Tradisi Pernikahan Betawi ? Berikut Ini Ulasan Lengkapnya

Penjelasan Palang Pintu Dalam Tradisi Pernikahan Betawi - BRP Gedung Perkawinan

Kali ini gedungperkawinan.com akan mengulas apa sih palang pintu itu dan kenapa menjadi salah satu hal yang pasti ada dalam upacara pernikahan adat Betawi ?, berikut ini ulasannya. Tradisi Palang Pintu atau acara buka palang pintu adalah salah satu acara dalam prosesi pernikahan adat Masyarakat Betawi. Istilah Palang Pintu ditinjau dari sisi etimologis didefinisikan dari dua kata Palang dan Pintu. Palang berarti penghalang agar siapapun tidak mudah untuk lewat, sementara Pintu adalah akses masuk ke suatu wilayah. Jadi istilah Palang Pintu adalah penghalang untuk siapapun yang akan memasuki pintu atau wilayah.

Memang belum ada catatan secara pasti sejak kapan Tradisi Palang Pintu ini dimulai, zaman dahulu sebenarnya tradisi Palang Pintu dimaksudkan untuk menguji seberapa baik ilmu bela diri calon pengantin seperti yang dilakukan oleh tokoh Betawi Si Pitung (1874 – 1903) telah menjalani tradisi Palang Pintu itu ketika hendak meminang Aisyah, putri Jawara berjuluk Macan Kemayoran, Murtadho. Konon kala itu akhirnya Pitung berhasil mengalahkan Murtadho dalam usahanya meminang Aisyah sebagai calon Istrinya.

Selain ditampilkan dalam upacara pernikahan, palang pintu seringkali ditampilkan ketika acara besar daerah, penyambutan pejabat tinggi yang berkunjung, acara khitanan hingga acara festival budaya Betawi. Bila dirunut dari awal, dalam prosesi pernikahan adat Betawi terdiri dari Ngedelengin, Nglamar, Bawa Tande Putus, Buka Palang Pintu, Akad Nikah, Acare Negor dan Pulang Tige Ari.

Jadi tradisi palang pintu dalam upacara pernikahan adat Betawi dan acara penting lain dalam masyarakat betawi bukan saja hanya menjadi salah satu bagian hiburan semata namun utamanya adalah sebagai media komunikasi antara dua keluarga calon pengantin melalui seni sastra balas pantun dan beladiri.

Di BRP Gedung Perkawinan, calon pengantin dapat memilih tema pernikahan yang diinginkan salah satunya adalah pernikahan bertemakan tradisi palang pintu Betawi yang memang merupakan salah satu favorit tema pernikahan. Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi gedungperkawinan.com

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi referensi rencana pernikahanmu.

Summary
Penasaran Apa Sih Palang Pintu Dalam Tradisi Pernikahan Betawi ?
Article Name
Penasaran Apa Sih Palang Pintu Dalam Tradisi Pernikahan Betawi ?
Description
Tradisi Palang Pintu atau acara buka palang pintu adalah salah satu acara dalam prosesi pernikahan adat Masyarakat Betawi.
Author
Publisher Name
BRP Gedung Perkawinan
Publisher Logo