Menghitung Jumlah Makanan Untuk Acara Resepsi

Tips Menghitung Jumlah makanan Untuk Acara Resepsi

food-buffet460x300

Udah tinggal beberapa bulan menuju hari – H, tapi masih blank banget nih buat ngitungin catering, dimana alokasi biaya biasanya paling mahal dan pastinya maunya cukup buat semua tamu. Iiih, gamau kan nanti pas acara ada tamu yang ga kebagian makanan? Nihh aku kasihtau cara menghitung jumlah makanan yang harus kamu sediakan di acara pernikahan kamu!

1. waktu acara
ini ngaruh banget nih untuk perhitungan catering kamu. Acaranya siang atau malam? Logikanya, kalau acaranya siang, kamu harus lebih perbnayak porsi makanan berat di buffet, karena bertepatan dengan jam makan siang. Nah kalau malam, banyakin gubukan, karena kalau malem kan biasanya gaada yang makan terlalu berat dan terlalu banyak.
2. Hemat?
Lebih hemat mana sih, acara siang atau malam untuk cateringnya?
Jawaban nya: Siang! Kenapa? Karena menambah porsi di buffet harganya akan lebih murah daripada menambah porsi di gubukan.
3. cara menghitung porsi makanan
nah, ini nih rumus pentingnya! Cara menghitung porsi makanan itu tergantung jumlah undangan dan waktu acaramu.
Gampangnya, kalau acara siang, presentase alokasi makanan itu 70% untuk buffet, 30% untuk gubukan. Sedangkan kalau malam, 60% buffet, 40% gubukan. Penggunaan Rumusnya aku illustrasikan di bawah ini:

Rumus untuk menghitung jumlah porsi catering
Rumus untuk menghitung jumlah porsi catering

nah untuk aplikasinya, seperti ini:

pengaplikasian dari rumus perhtiungan jumlah catering
pengaplikasian dari rumus perhtiungan jumlah catering

Nah, pasti kalian bertanya – tanya, kok gubukan banyak banget sih? Gini, coba bayangin kalian lagi dateng ke acara resepsi teman atau keluarga. Pasti kalian akan ngambil gubukan agak banyak kan? icip sana icip sini, hehe. makanya untuk antisipasi kekurangan, kita kalikan porsiannya 4x, dengan estimasi 1 tamu bisa mencicipi 4 gubukan.

TIPS
Sediakan minimal 1 menu gubukan yang mengenyangkan atau agak berat, seperti nasi liwet, atau nasi campur, atau sate padang, pokoknya yang bikin kenyang deh! ini bsa mengurangi kemungkinan orang icip-icip lebih banyak karena udah kenyang di 1 foodstall, hihihi

nah, segitu dulu tips dari aku. semoga membantu persiapan pernikahan kalian yah!

adminbrp

PT. Bahtera Ratu Persada (Wedding Organizer)